Keutamaan Doa

assalamu’alaikum sahabatku semua, dimanapun sahabat berada semoga  selalu dalam lindungan Allah SWT

saya ingin berbagi ilmu kepada sahabat mengenai keutamaan dalam berdoa,mudah-mudah bacaan ini bermanfaat bagi sahabat 🙂

Allah SWT berfirman:

  فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ , وَإِلَى رَبِّكَ فَرْغَب

“ Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (Alam Nasyrah: 7-8)

Sebagian ahli tafsir menafsirkan apabila kamu (Muhammad) Telah selesai berdakwah Maka beribadahlah kepada Allah; apabila kamu Telah selesai mengerjakan urusan dunia Maka kerjakanlah urusan akhirat, dan ada lagi yang mengatakan: apabila Telah selesai mengerjakan shalat berdoalah.

doaku

Nabi SAW bersabda: ” Doa itu intisari ibadah.” (HR.Tirmidzi dari Anas dan ia hadits sahih).
Doa menjadi intisari ibadah karena memiliki dua perkara yaitu yang pertama karena mematuhi perintah Allah SWT yang berfirman:” berdoalah kepada-Ku”. Maka ia adalah intisari ibadah.
Yang kedua adalah apabila melihat keberhasilan urusan-urusannya dari Allah SWT, maka ia putuskan harapannya dari selain dia dan berdoa kepada-Nya untuk memenuhi keperluannya dan inilah dia pokok ibadat. Dan karena tujuan ibadah adalah mendapatkan pahala yang diminta dengan berdoa.

Ternyata bukan hanya adab dalam sholat saja tetapi adab dalam berdoa juga ada looh, mari kita simak !!!
Berkata Sayyidi Asy-Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani: adab dalam berdoa adalah mengulurkan kedua tangannya, dan mengucapkan alhamdulillah serta shalawat kepada Nabi SAW. Kemudian memohon keperluannya dan tidak memandang ke langit di waktu berdoa.
Apabila selesai, ia usapkan kedua tangannya pada mukanya berdasarkan hadits yang di riwayatkan dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda: Mintalah kepada Allah dengan bagian dalam telapak tanganmu.
Nabi SAW bersabda:” sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang tekun di waktu berdoa.” Yakni selalu berdoa dengan ikhlas dan niat yang tulus. (HR. Al-Hakim dan Ibnu ‘Adiy serta Baihaqi dari ‘Aisyah dan hadits dlo’if).

Inilah sahabat keutamaan dari doa semoga sahabatku semua agar senantiasa selalu berdoa baik itu dalam keadaan senang ataupun susah dan mintalah permohonan kepada Allah, insya Allah, allah pasti mengabulkan doa kita asalkan kita berdoa dengan ikhlas dan niat yang tulus dan hanya kepada Allah lah kita memohon….rajin-rajinlah berdoa ya sahabat !! 🙂

wassalamu’alaikum

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s